Kesehatan

5 Tips Mencegah Ketombe Datang Lagi ala SehatQ.com

Tips Mencegah Ketombe Datang Lagi

Rambut gatal itu banyak penyebabnya. Salah satunya disebabkan kulit kepala yang mengiring. Akibatnya kulit mengelupas dan rontok. Inilah yang disebut sebagai ketombe. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus, mengakibatkan penampilan Anda tidak menarik, bahkan selalu gatal disaat yang tidak tepat. Oleh karena itu, simak tips berikut ini untuk mencegahnya.

1. Gunakan Sampo Anti Dandruff

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah selalu menggunakan sampo anti dandruff atau sampo antiketombe. Usahakan menggunakan sampo ini setidaknya dua hari sekali. Namun, bila Anda lebih banyak beraktifitas di bawah terik matahari dan takut rambut malah bermasalah, ada baiknya Anda menggunakan treatment tambahan setiap sehari sekali.

Ada beberapa jenis sampo yang bisa Anda gunakan. Misalnya sampo yang berbahan tar batubara. Sampo jenis ini dapat membantu Anda dalam mengatasi dermatitis seboroik dan psoriasis. Hal ini dikarenakan zat aktif dalam sampo tersebut dapat memperlambat kematian bahkan proses pengelupasan sel kulit kepala. Namun, bagi Anda yang memiliki warna rambut terang harus berhati-hati. Pasalnya, sampo ini dapat mengubah warna asli rambut Anda.

2. Jangan Garuk Kulit Kepala

Pada umumnya, saat sedang keramas menggunakan sampo kebiasaan banyak orang juga turut menggaruk kulit kepala. Baik karena alasan apapun itu. Entah karena gatal, entah karena lebih membersihkan kulit kepala dan sebagainya. Ada baiknya, cukup ditekan-tekan saja atau pijat secara lembut. Terutama bila kulit kepala sedang iritasi dan menyebabkan kulit kepala sering rontok serta semakin rusak.

3. Hindari Sampo Berbahan Kimia

Hal penting yang harus dihindari adalah penggunaan baik itu sampo maupun pewarna rambut  yang berbahan dasar kimia. Hal ini dikarenakan zat kimia di dalam sampo maupun pewarna rambut dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada di kulit kepala untuk melawan jamur. Akibatnya kulit kepala menimbulkan ketombe.

Begitu juga dengan penggunaan produk kecantikan untuk rambut selain pewarna. Ada baiknya untuk membatasi hal ini agar kulit kepala terjaga kesehatannya. Pasalnya produk-produk penata rambut seringkali meninggalkan sisa-sisa bahan kimia dan dapat menumpuk di rambut maupun di kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala semakin berminyak dan tidak sehat.

4. Jaga Rambut dengan Menyisir dan Vitamin D

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan rambut dengan memberinya vitamin D. Vitamin D ini bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi yang sejuk. Oleh karena itu, ada baiknya setiap pagi Anda berjemur untuk menyehatkan rambut sekaligus menyehatkan badan.

Jangan lupa untuk menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Selain berjemur, Anda juga harus menjaga kesehatan rambut dengan cara menyisir. Sisirlah rambut setiap hari setelah rambut kering seusai keramas. Hal ini untuk menjaga agar rambut tetap lembut dan rapi setelah terkena sampo.

5. Gunakan Obat antijamur

Obat antijamur digunakan sebagai treatment tambahan untuk mengobati infeksi jamur yang ada di kulit kepala. Anda bisa mencarinya di apotek seperti klotrimazol dan ketokonazol. Apabila tidak ada, Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga medis terkait dengan penggunaannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Apabila hal ini belum bisa tertangani dengan baik, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis. Apabila Anda berkonsultasi dengan ahlinya, bisa jadi ada gejala lain. Jika Anda ingin berkonsultasi dengan tenaga medis, Anda bisa menggunakan telemedik SehatQ. Di sini ada berbagai macam info penyakit maupun fitur untuk konsultasi yang bisa Anda gunakan.