Property

7 Tips Membuat Desain Ruang Makan Outdoor

7 Tips Membuat Desain Ruang Makan Outdoor

Sangat membosankan jika segala kegiatan saat pandemi dilakukan di dalam ruangan. Cari suasana baru dengan tetap menjaga kesehatan seperti makan teratur di outdoor. Simak tips berikut guna membuat desain ruang makan outdoor mampu menghadirkan suasana baru yang nyaman.

1.      Pilih Perabotan Tahan Segala Cuaca

Cuaca menjadi poin penting yang perlu diperhatikan sebelum mendesain tempat makan outdoor. Oleh karena itu pilih perlengkapan makan termasuk meja dan kursi yang tahan segala cuaca. Bisa memilih plastik, batu alam, kayu ataupun stainless steel. Akan sangat merepotkan jika harus memindahkan ke dalam saat hujan karena khawatir akan merusak perabotan.

2.      Utamakan Kenyamanan

Kenyamanan diciptakan dari berbagai faktor seperti cuaca, bahkan perabot yang digunakan. Usahakan dekorasi tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca. Tidak terlalu panas saat kemarau dan tidak basah saat musim hujan. Begitu juga dengan perabotnya, sebagai contoh kursi jenis sofa yang terasa panas saat terkena paparan sinar terlalu lama.

3.      Gunakan Kanopi

Ruang makan outdoor bisa diciptakan full di luar rumah ataupun di teras samping rumah. Keuntungan menggunakan teras yaitu tak dibutuhkan kanopi karena sudah dibangun dari awal. Jika dibuat di halaman, bisa membuat kanopi transparan. Bertujuan untuk memperlihatkan pemandangan bagian atas saat malam hari. Lengkapi dengan karpet di bawahnya sebagai peredam panas siang hari.

4.      Dekat Dapur

Desain ruang makan akan lebih nyaman jika terjangkau dengan dapur. Berikan kemudahan akses menuju ruang dapur dan tidak berjarak jauh. Makanan yang baru saja matang akan langsung dibawa ke ruang makan untuk disantap. Memudahkan jika dapurnya dekat, terutama saat ada acara yang membutuhkan masak besar.

5.      Manfaatkan Pohon

Jika memiliki pohon besar di halaman rumah, bisa dijadikan sebagai kanopi alami. Bisa ditambahkan lembaran plastik tebal untuk menghalangi tetesan air hujan. Dapat difungsikan sebagai ruang bersantai saat menjelang sore.

6.      Jauh dari Serangga

Adanya makanan dan sisanya pasti akan mengundang serangga seperti semut dan kecoa. Gunakan pengusir alami, salah satunya dengan lilin sirih. Berfungsi sebagai pengusir serangga sekaligus penerang, hiasan sekaligus aromaterapi alami. Tutup samping yang terbuka dengan tirai bambu untuk menghindari serangga terbang yang lebih besar.

7.      Perhatikan Suasana

Sangat disayangkan jika ruang makan outdoor namun tak bisa sekaligus menikmati keindahan. Tak selalu dataran tinggi di villa maupun di tepi pantai. Pemandangan kerlip lampu dan bintang di malam hari pun salah satu pemandangan. Lebih menguntungkan jika letaknya di dekat perkebunan, sawah maupun hutan karena mendapatkan rasa sejuk alami.

Demikian berbagai tips untuk mengatur desain ruang makan outdoor agar lebih menarik. Tetap utamakan keamanan dan kenyamanan agar lebih nikmat saat menyantap hidangan. Percayakan pada jasa desain interior untuk memiliki desain yang menarik dengan tetap memperhatikan kenyamanan.