Others

Ciri Alergi Susu Sapi Pada Anak

Ciri Alergi Susu Sapi Pada Anak

ada banyak hal yang bisa menyebabkan alergi pada anak. Biasanya dikarenakan makanan tertentu. Salah satunya pemberian susu sapi atau produk turunan susu sapi. Jika anak alergi susu sapi, akan muncul bintik merah, bengkak, atau kembung di tubuhnya. Bahkan bisa mengalami gejala yang lebih parah. Seperti diare, muntah, hingga kesulitan bernapas. Oleh karena itu, moms harus mengetahui ciri alergi susu sapi pada anak.

Saat anak mengalami alergi susu sapi, sistem kekebalan tubuhnya akan menganggap zat tersebut berbahaya. Antibodi tubuh pun akan bereaksi berlebihan dengan protein susu sapi. Dan muncul reaksi alergi pada tubuh. Reaksi alergi tersebut muncul karena zat bernama histamin yang ada di dalam tubuh.

Ketahui Ciri Alergi Susu Sapi Pada Anak

Gejala yang muncul bervariasi, mulai gejala ringan hingga gejala berat. Reaksi awal cenderung ringan, namun bila tidak diatasi sedini mungkin bisa menjadi gejala parah. Bahkan bisa mengancam nyawa buah hati anda. protein susu sapi termasuk alergi makanan yang paling umum pada anak-anak. Namun banyak anak yang tidak berlangsung lama, menginjak usia 5 tahun alergi tersebut hilang dengan sendirinya. Supaya anda tahu kapan waktunya membawa anak ke rumah sakit. Berikut ini beberapa ciri yang harus anda waspadai.

1. Diare

Diare termasuk reaksi alergi susu yang sering muncul. Reaksi ini bisa terjadi sangat cepat, bahkan setelah anak konsumsi susu sapi. Gejala diare akan langsung muncul. Hal ini dikarneakan saluran pencernaan tidak menerima senyawa yang dihasilkan susu sapi. Bila anak kekurangan air atau dehidrasi, bisa membahayakan nyawanya.

2. Napas Berbunyi

Gejala lainnya adalah napas berbunyi mengis. Napas berbunyi karena anak mengalami kesulitan bernapas. Saluran pernapasan bereaksi dengan alergi dengan menghasilkan lendir dan akhirnya terjadi gangguan pernapasan. bila hal ini terjadi, anda harus segera membawanya ke dokter. supaya mendapatkan tambahan oksigen.

3. Perut kembung

Bila terkena alergi susu sapi, perut bayi akan menjadi kembung. Karena sistem pencernaan tidak menerima zat dalam susu. Sehingga perut akan terasa kembung dan membuat gas didalam perut. perut kembung bisa menyebabkan mual dan muntah. Cobalah ketuk pelan perut bayi, jika muncul suara buk buk maka perut bayi kembung.

4. Muncul Bintik Merah di Kulit

Cobalah perhatikan pada tubuh anak anda. apakah muncul bintik merah di kulitnya. Biasanya bintik merah tersebut muncul di area bibir. Bisa juga muncul di area wajah lainnya, lengan, badan hingga kaki bayi. Bintik merah akan terasa gatal hingga muncul ruam kemerahan yang menumpuk setelah anak konsumsi susu.

Ciri alergi susu sapi memang banyak sekali. Anda harus mewaspadainya sedini mungkin. lihat semua gejala secara menyeluruh. Terutama gejala yang paling sering muncul. Mulai dari bintik merah, diare hingga kesulitan bernapas.