Others

Manfaat yang Didapat Dari Kemitraan Peternak Sapi Lokal dan Nestle

Manfaat yang Didapat Dari Kemitraan Peternak Sapi Lokal dan Nestle

Siapa tak mengenal merek Nestle? Perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman ini didirikan oleh Hendry Nestle pada tahun 1868. Perusahaan yang satu ini memproduksi makanan dan minuman bernutrisi mulai dari makanan bayi, cokelat, kopi, hingga susu. Guna bahan baku produk susu, Nestle melakukan kemitraan peternak sapi lokal sejak tahun 1975.

Kerja sama ini dilakukan guna mencukupi bahan baku produksi produk susu di pabrik Nestle yang berada di Kejayan, Jawa Timur. Pada tahun 1971 tepatnya di Waru, Jawa Timur, produk susu Nestle mulai diproduksi di Indonesia.

Namun pada tahun 1975, Nestle baru memulai membeli bahan baku dari peternak sapi perah lokal. Pada awalnya, para peternak hanya memasok 160 liter susu sapi segar setiap hari ke pabrik Nestle melalui koperasi susu.

Kini, setiap harinya Nestle mampu menyerap kurang lebih 500.000 liter susu sapi segar guna kebutuhan produksi di pabrik yang berada di Kejayan, Jawa Timur.

Kerja sama ini telah melibatkan sebanyak 27.000 peternak sapi perah melalui 41 koperasi susu yang tersebar luas di Jawa Timur, guna menghasilkan produk susu Nestle berkualitas tinggi seperti Lactogrow, Dancow, serta Bear Brand.

Kemitraan peternak sapi lokal dengan Nestle ini juga mendatangkan banyak manfaat bagi kedua pihak, diantaranya:

  1. Mendapat Pendampingan

Melalui tim Milk Procurement and Dairy Development atau MPDD, Nestle memberikan pendampingan baik secara finansial maupun teknis kepada para peternak sapi perah untuk membantu meningkatkan kualitas serta produktivitas susu sapi yang dihasilkan. Para peternak akan diberikan pelatihan mengenai praktik peternakan sapi perah yang baik.

Selain itu Nestle juga memberikan pembekalan mengenai teknik instalasi water ad libitum di kandang sapi, guna memberikan informasi mengenai perawatan dasar kesehatan sapi, teknik pemotongan kuku, teknik alternatif untuk mengikat sapi sebagai pengganti cincin hidung, hingga untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi sapi.

Dukungan secara finansial juga diberikan oleh Nestle agar para peternak sapi perah dapat memperbaiki kandang sapi mereka, dan juga agar mereka mampu melengkapi perlengkapan peternakan yang memadai.

  1. Kemudahan Akses Pasar

Kemitraan Nestle dengan peternak sapi perah merupakan salah satu upaya dalam Menciptakan Manfaat Bersama atau Creating Shared Value yang menguntungkan kedua belah pihak.

Nestle tak hanya mendapatkan pasokan bahan baku berkualitas tinggi untuk kebutuhan produksi, namun para peternak juga mendapatkan keuntungan yakni kemudahan akses pasar yang dapat meningkatkan pendapatan mereka. 

Nestle Melakukan Pendekatan Komprehensif dengan Peternak Sapi Perah

Kerja sama yang terjalin antara Nestle dengan para peternak sapi perah lokal tak hanya mencakup pendampingan secara finansial maupun teknis saja, namun juga berfokus pada peningkatan taraf hidup terlebih pendidikan untuk anak-anak serta akses air bersih.

Kemitraan peternak sapi lokal dan Nestle yang telah berjalan sekian lama rupanya turut membangun ekonomi pedesaan, sehingga masyarakat mampu meningkatkan taraf hidup mereka.