Kesehatan

Menyimak Ragam Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Menyimak Ragam Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Selain asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, jenis asuransi yang cukup populer dan banyak dipilih oleh masyarakat adalah asuransi kendaraan bermotor. Seperti namanya, produk asuransi ini memang akan memberikan perlindungan maksimal untuk kerusakan yang terjadi pada kendaraan yang dimiliki.

Sebagaimana diketahui, kendaraan tentu memiliki risiko untuk rusak, terutama kerusakan yang disebabkan hal-hal yang tidak bisa dihindari, seperti kecelakaan atau lainnya. Dengan produk asuransi kendaraan bermotor, tentu Anda yang menjadi nasabah akan mendapatkan bantuan dana untuk melakukan perbaikan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah tertentu.

Nah, berbincang tentang asuransi kendaraan bermotor, ada beberapa jenis asuransi tersebut yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Penasaran? Simak ulasannya!

Beragam Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Seperti yang dibahas di awal, ada beberapa jenis asuransi kendaraan bermotor yang saat ini tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk memberikan perlindungan pada kendaraan yang Anda miliki. Adapun beberapa jenis asuransi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi all risk

Jika asuransi Covid memberikan layanan kesehatan yang lengkap dari awal sampai akhir bagi nasabah, maka skema yang sama akan didapatkan dari jenis asuransi mobil yang satu ini. Asuransi all-risk adalah asuransi kendaraan bermotor komprehensif yang akan memberikan jaminan pada segala risiko buruk yang terjadi, terutama pada kendaraan baru.

Oleh karena sifat jaminan menyeluruh yang diberikan, asuransi ini bisa memberikan perlindungan lengkap pada kendaraan mulai dari kerusakan ringan seperti lecet hingga kerusakan berat karena kecelakaan atau bahkan kehilangan karena pencurian. Hanya saja, premi untuk asuransi ini terbilang cukup tinggi.

  1. Asuransi total loss only

Jenis asuransi kendaraan bermotor lain yang juga cukup populer dan banyak dipilih adalah asuransi total loss only atau TLO. Asuransi yang satu ini juga akan memberikan jaminan yang cukup lengkap pada kendaraan yang Anda miliki. Hanya saja, seperti namanya, asuransi ini hanya menjamin kondisi kendaraan dengan kondisi kehilangan total.

Maksud dari kehilangan total pada konsep asuransi ini adalah kerusakan kendaraan lebih dari 75% di mana membuat kendaraan tersebut tidak bisa diperbaiki untuk digunakan lagi. Atau, kendaraan tersebut hilang akibat dicuri dengan disertai bukti insiden yang valid serta bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Collision coverage

Terkait asuransi kendaraan bermotor, jenis asuransi lain yang tersedia adalah collision coverage. Seperti namanya, asuransi kendaraan bermotor yang satu ini adalah asuransi yang disediakan secara khusus untuk membiayai kerusakan kendaraan bermotor yang terjadi akibat kecelakaan oleh pengemudi.

Nantinya, dengan program asuransi ini, nasabah akan mendapatkan santunan sesuai dengan peraturan yang digunakan. Bahkan, besaran santunan tersebut sesuai dengan harga mobil yang Anda miliki.

  1. Liability Insurance

Tidak jauh berbeda dengan asuransi collision coverage, produk asuransi liability insurance juga akan memberikan layanan klaim dikarenakan kerusakan kendaraan bermotor karena kecelakaan. Namun, perbedaan yang cukup signifikan adalah adanya jaminan lebih lengkap yang diberikan.

Asuransi liability insurance akan memberikan jaminan tambahan berupa tagihan medis atas cedera yang dialami oleh pengemudi.

Beberapa poin di atas adalah ragam jenis asuransi kendaraan bermotor yang tersedia saat ini. Dengan adanya beragam asuransi tersebut, Anda bisa memilih mana jenis asuransi yang tepat dan bisa diandalkan.

Seperti halnya asuransi Covid yang berguna untuk membantu Anda mengatasi masalah kesehatan, asuransi kendaraan bermotor ini akan membantu Anda mengatasi kerusakan pada kendaraan yang Anda miliki.