Lifestyle

Pelajari Pengertian Asuransi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya!

Pelajari Pengertian Asuransi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya!

Pengertian asuransi bisa dibilang sebagai suatu bentuk perjanjian di antara Tertanggung dan Penanggung, di mana kamu (Tertanggung) mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi (Penanggung).

Perjanjian ini diwakili oleh sebuah dokumen sah bernama polis asuransi. Semua ketentuan manfaat asuransi pun diatur oleh polis ini. Dengan adanya asuransi, kamu pun lebih siap menghadapi risiko-risiko hidup secara finansial.

Apa Tujuan Asuransi?

Konsep asuransi tidak berkembang dengan sendirinya tanpa tujuan. Selain ada sejarah asuransi, ada 4 tujuan asuransi, yaitu:

1. Pengalihan risiko finansial

Tertanggung sadar kalau dirinya mempunyai risiko hidup, mau atas benda harta atau pun dirinya, karena itu mereka mengalihkan risiko ini ke pihak lain. Risiko tidak hilang, tapi setidaknya beban finansialnya dialihkan ke orang lain.

2. Penggantian rugi

Biasanya risiko tidak hanya datang sendiri, tetapi juga dengan kerugian tertentu secara finansial. Dengan adanya asuransi, kamu bisa mendapatkan ganti rugi atas risiko yang terjadi. Misalnya, kamu mengalami risiko kecelakaan dan mobil kamu rusak. Alhasil kamu perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Jika kamu punya asuransi mobil, biayanya akan diganti rugi oleh perusahaan.

3. Pemberian santunan

Ada beberapa jenis risiko yang bersifat permanen, misalnya kecacatan atau meninggalnya seseorang. Biasanya asuransi memberikan santunan untuk risiko-risiko ini. Jadi, jika seorang penafkah utama keluarga meninggal secara tiba-tiba, keluarga pun masih bisa hidup dari santunan yang diberikan asuransi.

4. Demi keamanan bersama 

Ada beberapa asuransi yang berbentuk peer-to-peer di mana seluruh anggota berkumpul dan membayar sejumlah uang bagi anggota yang mengalami kerugian. Semakin banyak orang yang menjadi anggota, maka semakin kecil jumlah uang yang dibayarkan. Walaupun terjadi risiko, anggotanya pun menjadi lebih sejahtera karena tahu ada kebersamaan.

Apa saja Manfaat Asuransi?

Berikut ada 3 manfaat asuransi yang dapat kamu miliki jika mempunyai asuransi:

1. Merasa Lebih Aman

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Terkadang ketidakpastian ini membuat kita takut, cemas, dan merasa tidak aman. Namun, dengan adanya perlindungan risiko hidup dari produk asuransi, maka kamu pun bisa jadi lebih optimis dan percaya diri akan masa depan.

Tentunya, kamu tidak bisa bertindak sembarangan. JIka kamu mendatangkan risiko itu dengan sengaja dan ketahuan, maka klaim kamu bisa ditolak. Karena itu, kamu bisa tetap berhati-hati tetapi tetap merasa ada yang menjaga kamu dari belakang.

2. Latihan Menabung Sekaligus Investasi

Mengalokasikan uang untuk membayar premi dapat membuat pengelolaan keuangan kamu lebih baik. Dengan begitu, kamu jadi terbiasa untuk menyisihkan uang.

Beberapa jenis asuransi juga menawarkan unit link. Unit link ini bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk investasi. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan dari premi yang sudah kamu sisihkan.

3. Menanggung Kerugian

Kerugian apa pun yang kamu alami bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi — selama masih sesuai dengan ketentuan polis ya. Oleh karena itu, kamu harus membaca polis dengan baik saat membeli. Setelah membeli polis, biasanya kamu diberi waktu untuk meninjau polis (free look period) selama 14 hari. Jika kamu memang merasa tidak cocok dengan ketentuan asuransi tersebut, kamu bisa membatalkan keanggotaan kamu dan mendapatkan premi kamu kembali.

Ada Berapa Jenis Asuransi?

Menurut sejarah asuransi, jenis asuransi bermula dari perlindungan akan aset. Jika pedagang zaman dulu ingin mengirim barangnya melalui medan yang sulit, maka mereka akan mengasuransikan barangnya agar tidak rugi jika terjadi pembajakan atau bencana alam di jalan.

Kalau di zaman modern, jenis asuransi sudah berkembang di pasaran. Mulai dari asuransi untuk melindungi aset, asuransi kesehatan, hingga asuransi atas jiwa seseorang.

Berikut adalah 4 contoh jenis asuransi yang umum orang miliki:

1. Asuransi kesehatan

Asuransi yang satu ini adalah asuransi yang paling populer di Indonesia. Nyatanya, semua orang punya risiko kesehatan, kan? Di saat yang sama, biaya kesehatan lumayan tinggi dan terus meninggi.

Oleh karena itu, orang mulai menyadari bahwa proteksi kesehatan itu penting. Baik itu sekedar asuransi kesehatan dari kantor, BPJS Kesehatan, atau asuransi kesehatan pribadi, kamu membutuhkan produk asuransi yang satu ini.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung risiko kematian. Jika Tertanggung mengalami risiko meninggal selama masa pertanggungan asuransi dan sesuai dengan ketentuan polis, maka keluarga yang ditinggalkan (Ahli Waris yang ditulis di dalam polis) akan mendapatkan santunan tunai.

3. Asuransi rumah

Tidak cuma kamu, rumah pun butuh asuransi. Sebagai salah satu kebutuhan dasar, sandang menjadi bagian penting dalam hidup. Jika terjadi suatu risiko pada rumah kamu, mulai dari kebakaran, tersambar petir, kebobolan, atau risiko lainnya, kamu pun mendapat ganti rugi.

4. Asuransi kendaraan

Jenis asuransi satu ini memang terkesan tidak sepenting asuransi kesehatan. Namun, sejujurnya asuransi kendaraan bisa membantu kamu.

Tingkat kecelakaan di Indonesia masih cukup tinggi dan kerugian rata-rata yang disebabkan oleh kecelakaan pun lumayan tinggi. Karena itu, lebih baik jika kamu mengasuransikan kendaraan pribadi kamu. Yuk, follow Instagram @superyouid untuk tahu info menarik seputar dunia asuransi digital.